20 Tempat Wisata Di Lembang Yang Lagi Viral

Anda sedang mencari destinasi terbaik untuk berlibur? Tidak ada salahnya mencari tempat wisata di Lembang Bandung. Selain berpanorama indah, banyak pilihan objek rekreasi di kawasan yang berlokasi di sebelah utara Kota Bandung ini. Mau tau apa saja tempat wisata di Lembang Bandung yang paling oke? Berikut rekomendasi yang telah dirangkum selangorsmartcity.com untuk kamu gengs !.

1. Lembang Park and Zoo

Tempat wisata yang dibuka pada tahun 2019 ini, menawarkan “rasa” yang berbeda pagi pengunjung kota Lembang Bandung. Di sana kamu dapat menemui satwa-satwa yang cukup dilindungi. Walau memang, kebun binatang ini tidak dibuat dalam skala besar, kawasan ini dibuat dengan mengangkat tema kebun binatang moderen berstandar internasional.

Satwa-satwa yang ada di dalamnya sangat beragam, mulai dari burung merak, beruang madu, meerkat, lutung budeng hingga tenggalung. Bahkan mereka juga membangun bird aviary mereka sendiri, area semi indoor di mana pengunjung dapat bertemu dengan berbagai speses unggas dan beberapa di antaranya dapat diajak berfoto.

Karena area ini tidak hanya diperuntukan untuk kebun binatang saja, masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan. Mulai dari naik kano di danau buatan, berkuda hingga berkeliling area wisata dengan scooter.

2. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika merupakan salah satu tempat baru yang wajib masuk ke list daftar tempat yang harus kamu kunjungi apabila ke Lembang Bandung. Area ini selain artistik dan bagus untuk mengabadikan momenmu di sini, The Great Asia Afrika juga memberikan edukasi.

Area ini dibagi menjadi bagian-bagian kecil: Indonesia, Jepang, Korea, India, Afrika serta Animal Park. Setiap area dengan tema negara tertentu, memiliki bangunan tematik khas dari negara tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencicipi kuliner serta memakai baju adat khas dari setiap negara pada areanya masing-masing. Tidak jarang setiap area dari tempat wisata Lembang Asia Afrika ini mengadakan acara kebudayaan sesuai dengan khas dari negara masing-masing.

3. Mercusuar Cafe and resto

Restoran yang namanya langsung melejit memang bukan tanpa arti. Hal ini dikarenakan pemandangannya yang indah serta latar restoran yang memukau. Mercusuar Cafe and Resto berlokasi di Jl. Lembah Pakar Timur 2.

Cafe dan resto ini mengangkat tema abad pertengahan. Hal ini tidak hanya terlihat dari bangunan kastil, tetapi dekorasi keseluruhan dari bangunan ini juga menyesuaikan dengan tema abad pertengahan tersebut.

Baca juga : 6 Cara Mudah Pakai Fitur Google Translate, Siswa Coba Yuk!

Selain kastil yang berada pada lantai 6, atau roof top dari bangunan ini, lantai dasar dari bangunan ini juga memiliki bakery yang dapat dikunjungi. Selain lantai dasar dan lantai 6, pengunjung dapat menikmati hidangan yang disajikan oleh pihak cafe and resto di lantai lainnya.

4. De Ranch

De Ranch menawarkan konsep baru dalam berwisata di peternakan kuda. Tidak hanya menyediakan sarana berkuda ala koboi, tetapi juga dilengkapi dengan aneka wahana permainan mulai dari trampolin, the gold hunter, balon air, panahan, hingga flying fox. Untuk anak-anak, disediakan permainan mancing, kidtrik, peti luncur, dan loncat anak.

Jika ingin berkuda, Anda bisa mencoba beberapa pilihan wahana. Ada zona kuda tunggang, kuda poni, dan delman. Selain itu, terdapat permainan panahan dan latihan memerah susu sapi. Khusus untuk panahan, hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa.

Penasaran dengan De Ranch Lembang? Alamat lengkapnya ada di Jalan Maribaya No.17, sekitar 200 meter dari kawasan pasar Lembang. Anda bisa datang berkunjung ke tempat wisata di Lembang Bandung ini setiap hari Senin-Jumat pada pukul 09.00-17.00 WIB. Sementara saat akhir pekan atau tanggal merah, tempat wisata ini dibuka dari jam 08.00 WIB.

5. Bandung Treetop Adventure Park – Wisata Lembang Cikole

Bosan dengan tempat wisata yang biasa saja? Anda bisa mengunjungi Bandung Treetop Adventure Park. Sebuah kawasan rekreasi alam sekaligus zona outbond. Mengusung tema FUN, tempat wisata di Lembang Cikole Bandung ini menghadirkan sejumlah permainan penuh tantangan.

Ada enam sirkuit yang disediakan di sini, yaitu Yellow, Dicovery, Blue, Orange, Red, dan Black. Khusus untuk anak-anak berumur minimal 4 tahun, bisa menggunakan wahana Yellow Sirkuit karena tinggi lintasan ini hanya sekitar 2 meter dari permukaan tanah. Sirkuit lainnya hanya boleh dipakai orang dewasa.

Berminat pergi ke Bandung Treetop Adventure Park? Lokasinya sangat mudah ditemukan karena satu arah dengan Bumi Perkemahan Cikole, Lembang Bandung. Soal waktu kunjungan, tak perlu khawatir karena tempat wisata di Lembang Cikole Bandung yang satu ini buka setiap hari. Biasanya, mulai beroperasi pada jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore.

6. Farm House Lembang – Wisata Lembang Bandung Ala Eropa

Berada di jalur utama Bandung-Lembang, Farm House menjadi objek wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain karena letaknya strategis, kawasan ini juga menghadirkan nuansa wisata khas Eropa. Semua itu diterapkan dalam bentuk spot swafoto Instagramable.

Salah satu objek foto terfavorit di Farm House adalah rumah hobbit. Meski ukurannya kecil, desain hunian ini tampak unik. Seluruh bangunan berbahan kayu dan batu dengan sebuah taman khas Eropa di bagian depan. Karena itu, berfoto di sini serasa berada di negeri para hobbit.

Selain rumah hobbit, ada juga kandang kelinci dan burung. Anda bisa mengabadikan momen di tempat wisata di Lembang Bandung Ala Eropa ini melalui jepretan kamera. Pun diperbolehkan untuk berinteraksi dengan binatang tersebut. Dari mulai memberi makan, menyentuh, hingga berfoto bersama.

7. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya merupakan salah satu objek wisata yang terletak di rute Lembang-Maribaya-Cibodas. Kawasan rekreasi alam tersebut berada di Jalan Maribaya No.149/252, Kampung Babakan, Cibodas. Namun, lokasinya tidak bisa dijangkau angkutan umum sehingga akan lebih mudah jika pergi dengan menggunakan transportasi online atau kendaraan pribadi.

Ada 7 wahana yang tersedia di tempat wisata di Lembang Bandung ini. Pertama, wahana Hot Air Balloon; sebuah spot foto setinggi 6 meter dengan latar belakang hutan pinus nan hijau. Kemudian, ada Sky Bike dan Sky Wing dengan lintasan berupa tali di udara.

Zona Paralayang pun tidak kalah menarik. Pengunjung bisa berpose seolah terbang di udara. Di samping itu, terdapat wahana swafoto Sky Bamboo dan Sky Tree. Bentuknya berupa gardu pandang di puncak pohon pinus. Terakhir, ada wahana berkemah yang disebut Glamour Camping.

8. Wisata Grafika Cikole – Wisata Lembang Cikole

Anda butuh tempat wisata lengkap yang menyatu dengan alam? Sangat tepat jika memilih Wisata Grafika Cikole sebagai destinasi wisata. Pasalnya, area seluas 9 hektare ini menyuguhkan objek rekreasi berupa hutan pinus, wahana outbond, serta penginapan. Karena terletak di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sini cenderung dingin atau sejuk.

Hal yang unik dari penginapan di Grafika Cikole adalah bentuk bangunannya. Dengan mengusung gaya vintage, seluruh hunian dibuat dari bahan kayu. Atmosfer di sekitar tempat wisata di Lembang Cikole Bandung ini sungguh mirip dengan kondisi pedesaan.

Grafika Cikole memiliki wahana outbond yang dikelompokkan berdasarkan kebutuhan, yaitu reguler dan classified. Untuk jenis reguler, tersedia 11 permainan. Salah satunya adalah permainan tradisional, semisal makan kerupuk, balap karung, dan tangkap belut. Sementara itu, classified outbond terbagi menjadi tiga, yaitu outbond anak-anak, sekolah, serta dewasa.

9. Jendela Alam

Jendela Alam merupakan kawasan eduwisata yang cocok untuk anak-anak. Di tempat wisata di Lembang Bandung ini, mereka bisa bermain, berekreasi di alam bebas, sekaligus belajar. Letaknya di Kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Kilometer 4,5 Cihideung.

Beberapa wahana yang ditawarkan tempat wisata di Lembang Bandung ini antara lain Jendela Petualangan, Tumbuhan, Hewan, dan Bermain. Ada juga Kedai Alam yang menyuguhkan kuliner khas Sunda. Uniknya, makanan tersebut disajikan bersama sayuran organik dari kebun di Jendela Alam.

10. Imah Seniman

Mengunjungi kawasan Imah Seniman serasa masuk ke dunia seni nan artistik. Tempat wisata di Lembang Bandung yang membentang di lahan seluas 15 hektare ini mengusung konsep unik khas etnik. Desain bangunannya tampak kreatif dan memiliki nilai estetika tinggi.

Karena berada di bawah manajemen Sapulidi Lembang, tema wisata yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Bisa dikatakan, Imah Seniman adalah replika Sapulidi Lembang dalam ukuran yang lebih kecil. Kawasan ini menghadirkan galeri seni, area outbond, kolam pemancingan, restoran, serta penginapan bergaya tradisional.

11. Tafso Barn

Tafso Barn merupakan tempat makan dengan konsep yang sangat unik. Bagaimana tidak, kamu dapat memilih tempat duduk dengan konsep yang berbeda-beda. Salah satu yang cukup terkenal adalah makan di dalam iglo plastik semi transparan yang sering dijadikan latar foto bagi para pengunjung.

Tidak hanya itu, pemandangan di tempat makan ini tergolong sangat asri, jadi buat kamu yang ingin menghilangkan penat dari hingar bingar kota, bisa refreshing di tempat makan yang satu ini.

Selain konsep tempat makannya yang unik, Tafso Barn juga menyiapkan beberapa spot foto unik, mulai dari rembulan corner hingga balon udara dapat menjadi latar fotomu.

12. Pine Forest Camp Lembang

Anda suka berkemah sambil berwisata? Pine Forest Lembang adalah salah satu bumi perkemahan terbaik yang menyediakan area camping, outbond, serta offroad. Dikelilingi hutan pinus, tempat ini tampak hijau dan asri.

Pine Forest Camp Lembang menawarkan lima wahana utama, yaitu Outbond Training Team Building, Offroad Adventure, Outbond Salam Percil, Adventure Kids Camp, serta Flying Fox. Jika Anda punya cukup keberanian, bisa mencicipi permainan berbasis tali gantung, seperti high rope dan low rope.

13. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu kerap dikaitkan dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Namun, sesungguhnya, gunung tersebut terbentuk secara alami dari lapisan lava yang mengeras dan juga diselimuti batu apung, tephra, serta abu vulkanik. Meski terdengar menyeramkan, lanskap alam Tangkuban Perahu sangatlah indah.

Semua keindahan itu bisa terlihat dari beberapa kawah Tangkuban Perahu. Cekungan di gunung tersebut membentuk danau belerang dengan warna air kehijauan. Sesekali, tampak kabut putih menyelimuti udara di atasnya. Namun, tak sedikit pun mengurangi kecantikan kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu menyuguhkan 9 kawah yang memiliki ciri khas berbeda. Meski begitu, semuanya terlihat memesona. Semisal, Kawah Ratu; kepundan terbesar di Tangkuban Perahu. Warna air belerangnya cenderung biru, walaupun ada polesan hijau di beberapa bagian.

14. Orchid Forest – Wisata Lembang Cikole

Ini nih salah satu tempat yang wajib banget kamu kunjungi, apalagi kalau menginap di area Lembang Bandung. Karena pemandangan malam di Orchid Forest Cikole ini bagus banget. Tuh liat kayak yang ada di foto, keren banget kan.

Tapi sebenernya Orchid Forest Cikole tuh apa sih? Tempat wisata Lembang Cikole Bandung ini merupakan tempat budi daya dan konservasi bunga anggrek loh. Buat kamu yang suka banget dengan tumbuh-tumbuhan atau bunga-bunga pasti bakal ga nyesel kalo dateng ke sini, karena koleksi anggrek yang bervariasi dari luar dan dalam negeri bisa kamu temukan di sini.

Tiket masuknya pun tergolong murah, hanya 40,000 rupiah saja per orang untuk wisatawan domestik dan 100,000 rupiah untuk wisatawan mancanegara.

15. Puncak Eurad Pingping

Siapa yang udah kangen alam? Buat kamu yang udah kebelet mau ke area yang alam-alam gitu, bisa ke sini nih. Namanya Puncak Eurad Pingping.

Pemandangan yang ada di foto, itu hanya di bagian bawahnya saja, di bagian atas juga ada spot foto lainnya, yang kalau dilihat seperti foto di Jurang Tembelan. Selain foto-foto kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti camping, hiking dan trekking.

16. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat berjarak sekitar 9 km dari pusat Lembang Bandung. Jika ditempuh dengan berkendara, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit lamanya. Berlokasi di kawasan Ciwangun Parompong, pengunjung harus melewati medan cukup curam dan berbatu untuk mencapai titik air terjun.

Lalu, apa saja daya tarik di Curug Tilu Leuwi Opat ini? Pertama, air terjun ini dikelilingi pemandangan indah berupa cadas hitam dan tebing berbalut tumbuhan hijau. Kedua, di bawah curug terdapat kolam alami dengan kedalaman 9 meter. Pengunjung boleh berenang di sini, tetapi hanya di area tertentu.

Keunikan lain dari tempat wisata di Lembang Bandung ini adalah jumlah air terjunnya ternyata lebih dari satu. Nama yang diberikan pun berbeda-beda. Ada Curug Aseupan, Tilu, Cilaki, dan Citulang. Begitu pula dengan sungainya; terdapat empat bagian, yaitu Leuwi Baeud, Gentong, Kacapi, serta Bagong. Karena itulah, secara lengkap disebut Curug Tilu Leuwi Opat.

17. Grace Rose Farm – Tempat Wisata Lembang Bandung Ala Eropa

Sudah membahas pembudidayaan dan konservasi anggrek, nah sekarang pembudidayaan mawar ada di sini. Kamu bisa lihat dan pelajari bagaimana proses pembudidayaan mawar.

Tempat wisata Lembang Bandung ala Eropa yang satu ini sangat mengedukasi pengunjungnya karena berkonsep agrowisata holtikultura. Kamu bahkan bisa mengetahui proses dari pembibitan, okulasi, hingga yang pada akhirnya dikemas dengan rapih dan siap dikirim ke seluruh Indonesia. Untuk pecinta tumbuhan dijamin ga nyesel kalo datang ke tempat wisata yang satu ini.

18. Curug Bellarosa

Curug Bellarosa; surga tersembunyi di tengah hutan belantara. Alamnya masih hijau, asri, dan bebas polusi. Air terjun ini mengalir dari tebing bebatuan yang membentuk tumpukan vertikal. Tinggi curug tersebut kurang lebih 5 meter dengan aliran cukup deras.

Untuk menunjang kegiatan wisata, Curug Bellarosa dilengkapi beberapa fasilitas. Salah satunya adalah saung jamur. Disebut demikian, karena bentuk atapnya melengkung mirip jamur tiram. Selain itu, ada juga gazebo sebagai tempat bersantap. Kerangka tempat ini terbuat dari bambu dan beratap daun rumbia.

Pengunjung Curug Bellarosa juga dapat melakukan aktivitas memancing. Di tempat wisata di Lembang Bandung ini tersedia kolam pemancingan yang cukup luas. Sementara itu, untuk anak-anak, bisa menjajal aneka permainan di Play Ground.

19. Salian Art Space

Salian Art Space memberikan konsep baru dalam berwisata. Tempat wisata di Lembang Bandung ini tidak hanya menjadi tempat wisata kuliner, tetapi juga seni dan budaya. Karya yang dipamerkan di kafe selalu berubah dalam kurun waktu beberapa bulan, dan tema setiap pameran pun berbeda-beda.

Selain terdapat koleksi seni, juga disediakan kopi seni khas Salian Art Space. Mulai dari coffee latte bergambar daun hingga cappuccino berbentuk hati. Untuk pengalaman terbaik, Anda dapat memilih lokasi di dalam dengan pemandangan karya seni. Pun bisa menyewa tempat di luar ruangan yang dikelilingi panorama alam.

Salian Art Space beralamat di Sersan Jalan Bajuri No. 86, Lembang. Karena terletak di kawasan strategis, akses ke tempat wisata ini tergolong mudah. Jika memakai kendaraan pribadi, bisa melewati rute Kampung Gajah Wonderland. Sekitar 500 meter dari sana, akan terlihat sebuah kafe dengan arsitektur khas seni. Itulah Salian Art Space.

20. Curug Malela

Niagaranya Indonesia; itulah julukan yang diberikan untuk Curug Malela. Aliran air terjun ini tampak deras, putih jernih, serta membentuk tirai bertingkat; mirip Niagara Falls di Amerika.

Tinggi Curug Malela sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter. Air terjun tersebut mengalir dari lereng Gunung Kendeng ke tebing yang dikelilingi tumbuhan hijau. Lantas jatuh ke Sungai Cidadap hingga Cisolok.

Meski lokasi Curug Malela cukup tersembunyi, akses ke sana cukup mudah dan Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika memilih transportasi umum, carilah angkot dari Lembang ke Terminal Cileunyi. Dari sana, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkot dengan tujuan Cililin.

Terakhir, dari Cicilin Anda harus menggunakan angkot lain yang menuju ke Terminal Buni Jaya. Sementara di Buni Jaya, akses ke Curug Malela bisa dijangkau dengan ojek. Selebihnya, Anda harus berjalan kaki menyusuri sawah dan bukit.

Tinggalkan Balasan